Parenting dan Sosialisasi Program TK Islam PB Soedirman

Parenting adalah kegiatan menuntut ilmu yang bersifat fardhu ain bagi setiap orang yang hendak atau telah membentuk rumah tangga, ilmu yang dipelajari nya terkait kerumah tanggaan termasuk tentang cara mendidik anak. Sebuah perkerjaan bukan sambilan, karena anak adalah amanah yang diberikan Alloh swt dan sebagai aset masa depan yang sangat penting, terutama aset akhirat.

Untuk itu, agar orangtua dapat menjalankan amanah mendidik putra – putri nya dengan baik, diperlukan ilmu tentang nya. Yang utama yang harus difahami semua orangtua adalah tugas mendidik bukan tugas pihak sekolah, tempat kursus atau guru les. Sekolah hanyalah mitra didalam membantu peran orangtua dalam mendidik putra – putrinya.

Maka dalam hal ini diperlukan kerja sama yang harmonis antara orangtua selaku pemegang amanah utama dengan pihak sekolah selaku mitra pendidikan anaknya. Tanpa sinergi, sulit mewujudkan putra – putri gemilang sesuai harapan kedua orangtua nya.

Karena penting nya hal tersebut, Taman Kanak – Kanak (TK) Islam Soedirman pada hari Sabtu (28/07/2018) mengadakan kegiatan sosialisasi visi misi, program sekolah dan Parenting. Pada kesempatan tersebut, Ibu Fri Corina Sandrawati,S.Si selaku Kepala Sekolah menyampaikan penting nya Orangtua mengikuti kegiatan parenting yang diselenggarakan oleh pihak sekolah.

“Sekolah akan mengadakan kegiatan parenting beberapa kali,karena pentingnya parenting, maka jika dua kali orangtua tidak mengikuti maka sekolah akan memberikan sangsi. Orangtua tersebut harus membuat alat permainan edukatif untuk kelas anak nya” . Ucap Ibu kepala sekolah saat sosialisasi program sekolah.

Pada hari ini, setelah penyampaian visi misi dan program sekolah, dilanjutkan dengan parenting. Bertindak selaku nara sumber adalah Herry Pujiastuti,Amd.Ft,S.Pd. Beliau adalah Koordinator Team Tumbuh Kembang RS Permata Bekasi. Beliau juga seorang praktisi Fisioterapi Pediatric dan Orthopedagogic.

Sesuai tema parenting yaitu Mengoptimalkan Masa Golden Age Anak Usia Dini, nara sumber yang biasa disapa Ibu ai ini menyampaikan tentang tumbuh kembang anak mulai dari proses pembuahan hingga usia sekolah dan faktor – faktor yang mempengaruhi nya. Terutama faktor orangtua nya selaku pendidik yang pertama dan utama, beliau mengingatkan pentingnya orangtua bersinergi dengan semua pihak terutama sekolah guna memaksimalkan pendidikan anaknya.

“Tanggung jawab pendidikan anak usia dini adalah tanggung jawab bersama. Orangtua, sekolah dan lingkungan berperan dalam hal ini”. Ucap ibu satu anak ini dengan penuh semangat.

Ibu yang aktif sebagai Asessor Badan Akreditasi Nadional (BAN) PNF PAUD DKI ini menyampaikan penting nya orangtua senantiasa membersamai anak – anak nya, menstimulus kecerdasan bahasanya dengan sering membacakan buku cerita dan memberikan pengalaman emosional yang positif terutama ketika menjelang tidur. Dikarenakan otak anak usia dini yang dominan berkerja adalah otak kanan, otak yang berhubungan dengan perasaan.

“anak – anak ini dominan nya otak kanan, makanya yang terkait perasaan sangat melekat di ingatan mereka. Maka ayah bunda, bacain buku cerita menjelang tidur. Mereka maunya di sayang – sayang”. Ucap ibu Herry Pujiastuti kepada orangtua Kelompok Bermain dan TK A, B Islam Soedirman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *