TK Islam PB Soedirman Menyambut Tahun Baru 1440 Hijriyah Dengan Gembira

Para peserta didik TK Islam PB Soedirman bersama para guru melakukan kegiatan menyambut Tahun Baru Islam 1440 H dengan berkeliling lingkungan sekolah. Suara lagu penyemarak hadirnya Tahun bersejarah hijrah nya Rasululloh saw tersebut pun terdengar sepanjang jalan yang mereka lalui.

Peserta didik dari Kelompok Bermain (KB) dan Tempat Penitipan Anak (TPA) pun turut memeriahkan acara yang rutin dilakukan menjelang Tahun Baru Islam tersebut. Meskipun mereka kecil, namun semangat mereka besar seperti kakak kelas mereka, Sekolah Dasar (SD) Soedirman, yang pada hari ini (Senin, 10/09/2018) melakukan kegiatan yang sama.

Jika kakak SD berkeliling dengan membawa berbagai poster bertuliskan tentang Tahun baru. Begitu juga dengan adik – adiknya, TK Soedirman. Selain poster, para peserta didik dari TPA, KB – TK B membawa stiker dan bendera kecil bertuliskan “Selamat Tahun Baru Islam” dengan permen dan coklat menempel pada tongkat benderanya.

Stiker dan bendera yang mereka bawa, di bagikan ke orang yang mereka jumpai. Disertai ucapan “Selamat Tahun Baru Islam” bendera dan stiker mereka berikan.

Tahun hijriyah pasti penuh makna di dalam nya. Bukan sekadar pindahnya Rasulullah dari kota Makkah ke Madinah. Begitu juga dengan kegiatan yang dilakukan di Sekolah TK Islam PB Soedirman, bukan sekadar berkeliling membawa bendera dan stiker lalu membagikannya. Melainkan ada pembelajaran yang berguna untuk para peserta didik.

Selain aspek perkembangan nilai – nilai agama yang terstimulus, aspek perkembangan sosial emosional anak pun sudah tentu ikut terstimulus melalui kegiatan ini, kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal mereka juga terstimulus ketika mereka berinteraksi dengan orang – orang yang mereka jumpai. Kemampuan bahasa mereka pun ikut terstimulus dengan baik.

Setelah selesai berkeliling dan istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan menonton film yang mengkisahkan proses hijrahnya Rasululloh saw dari Kota Mekah ke Madinah. Ini adalah kegiatan yang digemari oleh anak Рanak. Lewat kegiatan ini, pengetahuan mereka tentang hijrah Rasululloh  saw semakin kuat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *