Peran Shadow Teacher Dalam Membersamai Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah

Foto Dokumentasi Kegiatan Sekolah

Alhamdulillah, Allohu Akbar. Semua anak terlahir ke dunia telah Alloh berikan ke unikan nya tersendiri. Tidak ada yang kurang dari tubuh mungil mereka, hanya mata yang penuh kekurangan lah yang tidak dapat melihat kelebihan yang Alloh karuniakan kepada mereka.

Karena keunikan anak beragam satu dengan yang lainnya. Maka, kebutuhan mereka pun beragam, bahkan cara memberikan nya pun beragam. Meski tubuh mereka sama kecil, usia sama, orangtua nya sama, namun tumbuh kembang mereka berbeda. Karena itu perlakuan yang harus diberikan pun berbeda. Dan ada sebagian anak yang diberikan secara khusus (special needs).

TK Islam PB Soedirman sebagai lembaga pendidikan anak usia dini yang telah berusia 42 Tahun, sangat memahami akan kebutuhan anak yang beragam tersebut. Karena nya dalam proses kegiatan belajar mengajar nya, selain keragaman media belajar yang ada dikelas maupun diluar kelas, juga menyediakan Shadow Teacher untuk anak – anak yang memiliki kebutuhan  khusus.

Shadow Teacher (ST) atau yang umum disebut guru pendamping. Keberadaan nya sangat penting bagi sekolah yang menerima anak terdiagnosis memiliki kebutuhan yang khusus,seperti TK Islam PB Soedirman ini. ST berperan sebagai perantara antara pihak sekolah dengan orangtua guna mendidik, menstimulus anak yang didampingi nya sesuai harapan orangtua dan visi, misi sekolah.

Shadow Teacher juga berperan sebagai perantara antara guru kelas tempat anak yang didampingi nya belajar, dengan anak yang didampingi nya. Pelajaran dan pendidikan yang disampaikan guru akan diterjemahkan dan disederhanakan oleh ST sesuai kebutuhan dan keunikan anak yang didampingi nya. Ia juga bersama guru kelas memberikan dukungan kepada peserta didik yang lain untuk dapat berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus yang ada, sehingga terjalin interaksi sosial diantara mereka berdasarkan keunikan masing – masing, saling memahami dan bertoleransi.

Menurut Skjorten dkk, dalam Pengantar Pendidikan Inklusif (2003) ada 9 peran Shadow Teacher yaitu :

  1. Mendampingi guru kelas dalam menyiapkan kegiatan yang berkaitan dengan materi belajar.
  2. Mendampingi anak berkebutuhan khusus (special needs children) dalam menyelesaikan tugasnya dengan pemberian instruksi yang singkat dan jelas.
  3. Memilih dan melibatkan teman seumur untuk kegiatan sosialisasinya.
  4. Menyusun kegiatan yang dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas.
  5. Mempersiapkan anak berkebutuhan khusus (special needs children) pada kondisi rutinitas yang berubah positif.
  6. Menekankan keberhasilan anak berkebutuhan khusus (special needs children) dan pemberian reward yang sesuai dan pemberian konsekwensi terhadap perilaku yang tidak sesuai.
  7. Meminimalisasi kegagalan anak berkebutuhan khusus (special needs children)
  8. Memberikan pengajaran yang menyenangkan kepada anak berkebutuhan khusus (special needs children)
  9. Menjalankan individual program pembelajaran yang terindividualkan (PPI).

Dengan demikian, dapat difahami peran Shadow Teacher dalam membersamai anak berkebutuhan khusus di sekolah sangat lah penting. Dengan nya, sekolah dapat mewujudkan pendidikan untuk semua anak.

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *