KB,TK Islam PB Soedirman Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Tamu Istimewa Salah Satu Program Pendukungnya

KB,TK Islam PB Soedirman Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Tamu Istimewa Salah Satu Program Pendukungnya

Revolusi Industri 4.0 sedang berlangsung. Beberapa negara berkembang telah menerapkan nya. Dan ini merupakan tantangan bagi Negara kita untuk menghadapi nya. Hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dimulai sejak usia dini.

Para ilmuwan menyebutkan bahwa pada Industri 4.0 mayoritas perkerjaan yang di tangani oleh manusia akan tergantikan oleh mesin pintar, yang dapat berkerja menggantikan dan melebihi kemampuan kerja manusia.

Memang jika kita perhatikan saat ini sudah ada beberapa perkerjaan manusia yang tergantikan oleh mesin. Seperti, pemberi kartu parkir, yang biasa dikerjakan oleh manusia, sekarang pengendara cukup memencet tombol pada mesin yang disediakan kartu parkir keluar secara otomatis.

Itulah yang disebut sebagai Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang saat ini terus dikembangkan untuk mempermudah aktifitas manusia, terutama dibidang industri.

Seperti ditulis Kompas.com, Sabtu (29/9/2018), perusahaan telekomunikasi terbesar di Korea, KT, melengkapi sebuah hotel dengan kecerdasan buatan awal tahun ini. Mereka memasang speaker pintar di kamar Novotel Ambassador Hotel and Residences di Dongdaemun, Seoul. Speaker pintar ini dapat digunakan para tamu untuk menyalakan lampu, mengubah saluran televisi, hingga memesan handuk di layanan kamar.

Selain AI, terdapat empat teknologi lain yang menjadi penopang industri 4.0, yakni internet of things, human-machine interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi percetakan tiga dimensi (3D).

Untuk itu, sangat penting untuk mempersiapkan SDM sejak usia dini. Agar kelak di Negara kita bermunculan SDM  yang siap bersaing pada industri 4.0, yaitu SDM yang memiliki skill kreatif, inovatif, memiliki emotional intelegence yang baik untuk mendukung kemampuan problem solving, critical thinking, serta memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang disebut cognitive flexibility atau fleksibilitas kognitif.

TK Islam PB Soedirman, sebagai lembaga pendidikan yang telah mengabdi mencetak generasi bangsa selama 42 tahun lebih, sangat memahami tantangan tersebut. Karenanya pada setiap program pembelajarannya di rancang adanya kegiatan yang dapat menstimulasi skill peserta didik nya.

Seperti membangun rumah tentu dimulai dengan membangun pondasi yang kuat sesuai bentuk bangunan yang di ingini. Begitu lah tujuan stimulasi pendidikan yang diberikan pada anak usia dini, yaitu membangun pondasi skill yang mereka butuhkan guna menghadapi tantangan zaman, seperti Revolusi Industri 4.0.

Alhamdulillah, KB dan TK B pada pekan ini kembali kedatangan tamu istimewa yang memberikan mereka pengalaman bermakna, pengalaman yang menstimulus perkembangan mereka, stimulasi pendidikan yang membangun pondasi skill mereka.

Berikut ini tamu istimewa KB, TK Islam PB Soedirman pada pekan ini :

Kelompok Bermain (KB) : Alhamdulillah, KB pada pekan ini kedatangan tamu istimewa yang mengajak mereka berkreatifitas membuat boneka kesukaan mereka. Tamu istimewa mereka adalah Mamah Mikaela. Dengan menggunakan bahan kain flanel, Mamah yang bernama Reni Anggraini ini, menstimulus perkembangan seni kreatifitas, kognitif dan sosial emosional Mikaela dan teman – temannya yang antusias mengikuti bimbingan membuat boneka.

Mamah Mikaela Bersama Kelompok Bermain

TK B1  : Alhamdulillah, pada pekan ini TK B1 kedatangan tamu istimewa seorang Ayah yang luar biasa, ditengah kesibukan nya beliau dapat berbagi waktunya menjadi waktu istimewa untuk Ananda dan teman – teman nya disekolah. Ia adalah Ayah Raffa. Dengan menggunakan buku cerita “Nabi Nuh”, Ayah yang bernama Risdianto Prabowo tersebut, memberikan pengalaman istimewa yang menstimulasi perkembangan bahasa, kognitif, sosial emosional dan yang pasti juga menstimulasi perkembangan spiritualitas Raffa dan teman – teman nya.

Ayah Raffa Bersama Kelompok TK B1

TK B2  :  Alhamdulillah, TK B2 pada pekan ini kedatangan tamu istimewa yang memberikan mereka pengalaman yang berkesan dan yang menstimulus kreatifitas mereka. Yaitu Mamah Qaeerin. Dengan menggunakan media kertas bergambar pinguin, kapas dan potongan karet berbentuk anggota tubuh pinguin, Mamah yang bernama Franselya R Yulianti ini menstimulus perkembangan kognitif, sosial emosional, seni kreatifitas, dan spiritualitas berupa mengenal Alloh melalui mahluk ciptaan nya yang bernama Pinguin. Qaeerin dan teman – teman nya sangat antusias berkreasi membuat boneka penguin.

Mamah Qaeerin Bersama Kelompok TK B2

TK B3  : Alhamdulillah, TK B3 kedatangan tamu istimewa yang memberikan pengalaman istimewa serupa dengan TK B2 yaitu membuat kreatifitas ” Pelangi” menggunakan kertas origami. Tamu istimewa tersebut adalah Mamah Luqman. Dengan penuh kelembutan, Mamah Yang bernama Puji Sandhika ini menjelaskan langkah – langkah membuat pelangi. Perkembangan kognitif, seni  kreatifitas, sosial emosional, serta spiritualitas Ananda Luqman dan teman – temannya terstimulus dengan baik pada kesempatan istimewa ini.

Mamah Luqman Bersama Kelompok TK B3

INFO PPDB 2019/2020

TK A  : Untuk Kelompok TK A1, A2 dan A3 pada pekan ini kedatangan tamu istimewa kakak – kakak dari restoran cepat saji asal Negeri Sakura, Jepang. Mereka memperoleh pengalaman istimewa berupa cerita dari kakak – kakak tersebut. Sebuah cerita yang menstimulus perkembangan spiritualitas, sosial emosional dan bahasa mereka.

Terimakasih Ayah, Mamah yang telah memberikan waktu nya untuk membersamai Ananda disekolah bersama teman – temannya. Semoga waktu istimewa ini menjadikan Ananda manusia istemewa, tangguh, kreatif pada Revolusi Industri 4.0.

Silakan diklik Untuk Membaca Guru Tamu Sebelum nya :

Pekan Pertama 

Pekan Kedua 

Pekan Ketiga

Pekan Keempat

Pekan Kelima

Pekan Keenam

Pekan Ketujuh

Pekan Ketujuh KB 

Pekan Kedelapan

One Comment

  1. Hello. Very interesting content but it’s hard to find tk-soedirman.com
    in search results. You are out of google’s top 10, so
    you can’t expect big traffic. You need high quality backlinks to rank
    in serps. And you can get them for free,
    just search in google: forbesden’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *