KB, TK Islam PB Soedirman Menjadi Tamu Istimewa Mcd dan SDI PB Soedirman

KB, TK Islam PB Soedirman Menjadi Tamu Istimewa Mcd dan SDI PB Soedirman

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan sebuah upaya memberikan rangsangan pendidikan kepada anak usia 0 – 6 Tahun guna mengembangkan potensi yang mereka miliki agar mereka siap melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, yaitu Sekolah Dasar atau yang sederajat dengan nya.

Setiap anak terlahir dalam keadaan  fitrah (polos) dengan membawa potensi yang diberikan oleh sang pencipta. Potensi setiap anak berbeda – beda. Tugas para pendidik lah untuk mengukir diatas ke fitrahannya dan mengembangkan potensi yang mereka miliki. Salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan potensi mereka adalah melalui aktifitas yang mereka gemari, yaitu bermain.

Maka terbentuk lah teori pembelajaran pada pendidikan anak usia dini yaitu teori bermain sambil belajar. Dan guna memberikan kegiatan pembelajaran yang menarik minat peserta didik, serta memberikan pemahaman bermakna dan utuh kepada peserta didik, dibuatlah pembelajaran berdasarkan tema atau pembelajaran tematik.

Tema pembelajaran pada anak usia dini di rancang dengan prinsip Kedekatan, Kesederhanaan, Kemenarikan dan Keinsidentalan. Dengan demikian anak dapat mengenal dengan baik diri nya dan yang ada pada lingkungan nya.

Untuk memperkuat pemahaman peserta didik melalui tema dirancang juga kegiatan Kunjungan Tema sesuai tema yang sedang diperkenalkan kepada peserta didik.

Sekolah KB, TK Islam PB Soedirman memahami konsep pengembangan potensi anak usia dini melalui pembelajaran tematik tersebut.

Karena nya pada pembahasan tema pembelajaran pekan ini, yang terkait lingkungan, peserta didik KB,TK Islam PB Soedirman mengadakan kunjungan ketempat yang sesuai dengan pembahasan tema dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Peserta didik Kelompok Bermain (KB) dan TK A berkunjung, menjadi tamu istimewa, Restoran Cepat Saji yang terdekat dari lingkungan sekolah dan lingkungan mereka tinggal. Selain itu juga restoran tersebut dekat dengan diri mereka sesuai prinsip penentuan tema. Restoran cepat saji yang mereka kunjungi adalah Mcdonald.

Di restoran asal california tersebut, para peserta didik KB dan TK A diperkenalkan dengan lingkungan yang ada di dalam restoran tersebut termasuk kegiatan nya yang berstandar sesuai dengan kebutuhan mayoritas masyarakat Indonesia, yaitu masyarakat muslim.

Foto Kelompok Bermain di Mcdonald :

TK A2 di Mcdonald
TK A3

Adapun untuk Peserta didik TK B, mereka mengadakan kunjungan ke Sekolah Dasar Islam (SDI) PB Soedirman, yang tidak lain adalah kakak kelas mereka sendiri. Karena SDI tersebut berada dalam lingkungan dan naungan Yayasan yang sama.

Dipilih nya kunjungan ke SDI sesuai dengan tujuan dari pendidikan yang diberikan pada anak usia dini, yaitu agar mereka siap melanjutkan ke jenjang  pendidikan selanjutnya, yaitu Sekolah Dasar.

Di SDI yang telah berdiri ebih dari 40 Tahun tersebut para peserta didik TK B diperkenalkan dengan lingkungan SDI yang merupakan fasilitas yang disediakan untuk peserta didik SDI belajar.

Para peserta didik TK B berkesempatan mencoba belajar di Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa Inggris, dan Laboratorium Komputer dengan didampingi oleh kakak – kakak SDI PB Soedirman.

TK B1 Di SDI PB Soedirman
TK B2 DI SDI PB Soedirman
TK B3 Di SDI PB Soedirman

Di laboratorium IPA mereka belajar membuat balon ajaib, balon yang bisa mengembang tanpa ditiup. Di laboratorium komputer mereka belajar mewarnai gambar menggunakan komputer dengan sekali klik. Di laboratorium bahasa inggris mereka belajar mengenal angka, warna dan memperkenalkan nama sendiri.

“SD Soedirman keren banget, enak bisa main komputer”. Ucap salah satu peserta didik TK B usai berkunjung, menjadi tamu istimewa SDI PB Soedirman.

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK TK ISLAM PB Soedirman 2019/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *