Guru Istimewa KB,TK Islam PB Soedirman Merupakan Implementasi Karakteristik Kurikulum PAUD 2013

Guru Istimewa KB,TK Islam PB Soedirman Merupakan Implementasi Karakteristik Kurikulum PAUD 2013

Anak usia dini adalah unik. Keunikan nya terlihat dari perilaku mereka yang beragam dan kemampuan mereka menggunakan potensi yang diberikan oleh sang pencipta.  Orang dewasa harus dapat memahami keunikan mereka agar dapat memberikan rangsangan pendidikan sesuai dengan potensi mereka.

Ketidak sesuaian antara pendidikan yang diberikan dengan potensi yang di miliki anak akan menjadikan perkembangan anak berkembang dengan tidak baik dan dapat mematikan potensi mereka.

Karena nya  Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan kurikulum pendidikan di atas nya meski berkaitan. Kurikulum untuk anak usia dini di desain untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, agar anak memiliki kesiapan untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Salah satu karakteristik Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini adalah memberdayakan peran orang tua dalam proses pembelajaran. Orang tua dijadikan sebagai partner sekolah yang dapat membantu proses pendidikan hingga mencapai kesiapan melanjutkan pendidikan berikut nya.

Disamping orang tua biologis, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini juga melibatkan orang-orang dewasa yang ada di lingkungan anak. Pendidik bukan satu-satunya sumber belajar yang memfasilitasi anak belajar, dan kelas bukan satu-satunya tempat anak belajar. Anak dapat belajar di dalam, di luar, di kebun dan di semua tempat yang memungkinkan untuk mengenal, benda, tumbuhan, orang, tempat, atau kejadian. Anak dapat belajar dari pendidik, orang tua, sumber lain, buku, dan sebagainya.

KB, TK Islam PB Soedirman sebagai lembaga pendidikan yang menjalankan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini sesuai standar yang ditetapkan oleh pemerintah dan terakreditasi A, sangat memahami karakteristik kurikulum tersebut (memberdayakan orang tua/orang dewasa).

Salah satu implementasi nya adalah Program Guru Tamu. Alhamdulillah, berdasarkan catatan penulis program tersebut pada Tahun ajaran ini telah terlaksana selama 10 pekan.

Guru Tamu Pekan Ini

Dan untuk pekan ini selain orang tua peserta didik yang menjadi tamu istimewa pada program guru tamu, sekolah juga menghadirkan pendongeng untuk berkisah tentang Nsbi Muhammad saw.

Berikut tamu istimewa pada pekan ini :

TK  A1  : Tamu istimewa TK A1 pada pekan ini adalah Mamah Ahsan. Mamah bernama Dhini Rasyita ini membacakan buku cerita “Tongkat Nabi Musa as” untuk Ahsan dan teman – teman nya.

Mamah Ahsan Bersama TK A1

TK  A2  :  Tamu istimewa TK A2 pada pekan ini adalah Mamah Khansa. Mamah yang bernama Mariyani Marharetta ini membacakan buku cerita “Tuhan Ciptakan Tubuhku” untuk Khansa dan teman – teman nya, serta mengajak mereka berkreatifitas membuat Frame dari kertas.

Mamah Khansa Bersama TK A2

TK  A3  :  Tamu istimewa TK A3 pada pekan ini adalah Mamah Almira. Mamah yang bernama Hesti Aminingsih,S.Pd ini mengajak Almira dan teman – teman nya berkreatifitas membuat Ikan dari flanel.

Mamah Almira Bersama TK A3

TK  B1  : Tamu istimewa TK B1 pada pekan ini adalah Mamah Alfath. Mamah yang bernama Sri Budi Yanti ini membacakan buku cerita “Saatnya Bersikat Gigi” untuk Alfath dan teman – teman nya.

Mamah Alfath Bersama TK B1

TK   B2  : Tamu istimewa TK B2 pada pekan ini adalah Mamah Icha.  Kelompok TK B2 oleh beliau di ajak berkreatifitas yang merangsang minat literasi anak, yaitu menyusun buku doa harian. Icha dan teman – teman nya sangat antusias menyusun lembaran – lembaran doa bergambar menjadi buku.

Mamah Icha Bersama TK B2

INFO PPDB 2019/2020

Untuk Kelompok Bermain (KB) dan TK B3 pada pekan ini guru istimewa nya berhalangan hadir dan tergantikan dengan Kak Dhita dan Lili yang mengkisahkan tentang Nabi Muhammad saw. (Silakan Baca : Meneladani Nabi Muhammad saw Bersama Kak Dhita dan Lili)

 

Silakan diklik Untuk Membaca Guru Tamu Sebelum nya :

Pekan Pertama 

Pekan Kedua 

Pekan Ketiga

Pekan Keempat

Pekan Kelima

Pekan Keenam

Pekan Ketujuh

Pekan Ketujuh KB 

Pekan Kedelapan

Pekan Kesembilan

7 Comments

  1. Hi. I see that you don’t update your site too often. I know that
    writing content is time consuming and boring. But did you know that there is a tool that allows you
    to create new articles using existing content (from
    article directories or other pages from your niche)?
    And it does it very well. The new posts are unique and
    pass the copyscape test. Search in google and try:
    miftolo’s tools

  2. Spot on with this write-up, I seriously believe this web site needs a great deal more attention.
    I’ll probably be returning to read through more, thanks for the advice!

  3. Hello. I have checked your tk-soedirman.com and i see you’ve got some duplicate content so probably it is
    the reason that you don’t rank high in google. But you can fix this issue fast.
    There is a tool that rewrites articles like human, just search in google: miftolo’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *