Tamu Istimewa Ini Membentuk File Akal Bawah Sadar Kelompok B TK Islam PB Soedirman

Tamu Istimewa Ini Membentuk File Akal Bawah Sadar Kelompok B TK Islam PB Soedirman

TK B Islam PB Soedirman pada pekan ini mendapatkan pengalaman dari tamu istimewa yang membentuk dan memperkuat file pada akal bawah sadar mereka.

Libur semester satu telah selesai, kini anak – anak kembali mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Dan pekan ini merupakan pekan pertama mereka bersekolah pada semester dua tahun ini.

Selama liburan semester satu yang berlangsung selama dua pekan para peserta didik belajar di rumah, home schooling, bersama guru pertama dan utama mereka yaitu orang tua mereka sendiri.

Para peserta didik banyak bercerita tentang pengalaman mereka selama home schooling. Ada yang bercerita suka cita tentang pengalaman  nya berwisata keluar negeri.

Ada juga yang bercerita duka cita tentang pengalaman nya selama home schooling. Ada yang sakit sehingga tidak dapat berkunjung ke mana – mana. Ada yang bercerita tentang salah seorang anggota keluarga nya yang meninggal dunia.

Pengalaman belajar tersebut yang mereka dapatkan selama home schooling sangat berkesan bagi mereka, sehingga mereka dapat menceritakan dengan lancar kepada teman – teman dan guru di sekolah.

Baca : Jelang Back To Home Schooling TK Islam PB Soedirman

Pengalaman mereka selama home schooling telah tersimpan rapih menjadi file pada akal bawah sadar mereka dan menjadi data pendukung yang membersamai tumbuh kembang mereka. Data tersebut sewaktu – waktu dapat mereka gunakan ketika di butuhkan saat mereka berinteraksi atau saat mereka menemukan situasi yang sejenis dengan pengalaman yang telah tersimpan tersebut.

Dan file tersebut pun akan bertambah kekuatan nya ketika mereka memperoleh kembali pengalaman serupa atau pengalaman lain yang mendukung file tersebut. Sehingga terbentuk lah file – file pengalaman lain di akal bawah sadar mereka.

Semakin beragam  pengalaman yang mereka dapatkan  maka semakin banyak file pengalaman yang terbentuk. Semakin banyak file pengalaman, maka semakin banyak referensi yang dapat mereka gunakan ketika dibutuhkan.

Semakin banyak pengalaman yang didapat oleh seorang anak dari lingkungan nya, maka semakin cepat pertumbuhan dan perkembangan nya. Sehingga menjadikan mereka semakin siap untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjut nya.

Itulah tujuan pendidikan anak usia dini. Sebagaimana yang di nyatakan oleh pemerintah kita dalam undang – undang  No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1, pasal 1, butir 14 bahwa “Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan ruhani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.

INFORMASI PENDAFTARAN PPDB 2019/2020

Pengalaman yang mereka peroleh selama home schooling merupakan rangsangan pendidikan yang dapat membantu proses tumbuh kembang, hingga mereka memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan selanjutnya.

Kini mereka telah back to school dan pada semester dua ini mereka kembali mendapatkan pengalaman – pengalaman belajar yang semakin memperkuat file yang telah ada di akal bawah sadar mereka.

Dan back to school bukan berarti stop belajar dan tidak ada interaksi pengalaman dengan guru utama dan pertama mereka di rumah (home). Karena nya pada pekan pertama di semester dua ini kelompok TK B mendapatkan pengalaman dari guru ulama dan pertama home schooling yang hadir ke dalam kelas menjadi tamu istimewa mereka.

Berikut tamu istimewa TK B Islam PB Soedirman yang hadir di pekan pertama pada semester dua ini, yang menambah pengalaman istimewa mereka :

TK  B1  : Mamah Rara adalah tamu istimewa TK B1 pekan ini. Dengan membawa bola kecil, stik es krim, kapas, double tip, bentuk kepala dan ekor, mamah yang bernama Trias Wulandari ini mengajak Rara dan teman – teman nya berkreasi membuat boneka Shaun the sheep. Ia membentuk dan memperkuat file kreatifitas Rara dan teman – teman nya yang sangat antusias mengikuti kegiatan berkreasi tersebut.

TK B1 Bersama Mamah Rara

TK  B2  : Tamu istimewa TK B2 pada pekan ini adalah seorang ibu dokter. Biasanya seorang dokter menyampaikan tentang kesehatan, namun ibu dokter yang satu ini berbeda. Ia mengajak anak – anak TK B2 berkreasi membuat shaun the sheep menggunakan beberapa bahan yaitu cup plastik kecil, kapas, double tip dan stik.

Ibu dokter yang telah membentuk dan memperkuat file kreatifitas anak – anak TK B2 adalah dr.dian novianti, Mamah nya Khanza.

TK B2 Bersama Mamah Khanza

TK  B3  :  Tamu istimewa TK B3 pada pekan ini adalah Mamah Naureen. Mamah yang bernama Adriyanti ini membuat Naureen dan teman – teman nya antusias mendengarkan cerita tentang hewan – hewan yang ada di laut. Dan dengan menggunakan buku cerita ia telah membentuk dan memperkuat file kognitif Naureen dan teman – teman nya tentang aneka hewan laut.

TK B3 Bersama Mamah Naureen

Terimakasih Mamah Rara, Mamah Khanza dan Mamah Naureen yang telah meluangkan waktu nya untuk memberikan pengalaman berkesan kepada anak – anak TK B Islam PB Soedirman di pekan pertama semester dua ini.

Silakan diklik Untuk Membaca Info Guru Tamu Pada Semester Satu :

Pekan Pertama 

Pekan Kedua 

Pekan Ketiga

Pekan Keempat

Pekan Kelima

Pekan Keenam

Pekan Ketujuh

Pekan Ketujuh KB 

Pekan Kedelapan

Pekan Kesembilan

Pekan Kesepuluh

Pekan Kesebelas

Pekan Keduabelas

Pekan Ketigabelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *