Tamu Istimewa TK Islam PB Soedirman Pekan Ini dan Ada Kelas Yang Merindukan nya !

Tamu Istimewa TK Islam PB Soedirman Pekan Ini dan Ada Kelas Yang Merindukan nya !

Program Guru Tamu yang menghadirkan tamu istimewa kedalam kelas setiap satu pekan sekali, ternyata kehadiran nya sangat dinantikan oleh anak – anak TK Islam PB Soedirman.

Anak – anak usia dini memang usia yang polos. Ulama menyebut nya usia fitrah, dan para ahli yang lain menyebut nya golden age.

Di sebut demikian, dikarenakan pada usia dini seorang anak seperti selembar kertas putih yang dapat di isi dengan berbagai goresan. Siapapun dapat menggoreskan tinta di atas nya. Dan dapat melipat kertas tersebut sesuai bentuk yang di inginkan.

Setiap kertas yang telah dilipat akan meninggalkan bekas lipatan ketika lipatan nya di buka. Dan bekas lipatan tersebut sangat sulit untuk dihilangkan.

Anak usia dini juga seperti tanah liat yang mudah di beri cap dan mudah di bentuk. Namun, untuk tanah liat bekas cap atau bentuk yang menempel pada nya dapat dihilangkan dengan mudah selama tanah liat tersebut masih basah. Setelah kering, ia akan berbentuk dan tidak dapat dirubah kembali.

Begitulah anak usia dini, mereka  sangat mudah menerima dan menyerap informasi apa pun yang di berikan kepada nya atau yang mereka temukan sendiri di lingkungan nya. Apa yang mereka dengar dan mereka lihat terekam kuat didalam memori akal  bawah sadar mereka.

Termasuk kebiasaan atau rutinitas harian yang biasa mereka peroleh dapat masuk ke dalam memori akal bawah sadar mereka dengan cepat hingga membentuk file kegiatan yang biasa mereka peroleh. Ketika kegiatan tersebut tidak mereka dapatkan pada biasanya, memori akal bawah sadar mereka akan menagih. Sehingga tubuh mungil mereka bereaksi dengan mempertanyakan nya.

Seperti yang di alami oleh anak – anak kelompok TK B2, kelas penulis mengajar. Mereka sudah terbiasa kedatangan tamu istimewa setiap hari kamis setelah jam makan. Waktu  tersebut sudah terekam kuat di memori mereka bahwa waktu tersebut adalah waktu hadir nya tamu istimewa yang berbagi kegiatan  kepada mereka.

Pada kamis pekan ini tidak ada tamu istimewa yang hadir ke kelas mereka dikarenakan para calon tamu istimewa mereka sedang ada perkerjaan yang tidak dapat di tinggalkan.

Maka, setelah selesai makan para peserta didik kelompok TK B2 mempertanyakan nya. Awal nya mereka bertanya, siapa yang menjadi guru tamu hari ini ?.

Setelah mereka tahu bahwa tidak ada tamu istimewa yang datang, serentak mereka berkata dengan nada kecewa. “Yahhhhhhh..kok ga ada sihhh. Kenapa ga ada ?”. ” iyaa kok ga ada sih ?”. Ucap mereka dengan wajah menyiratkan kekecewaan yang didasari oleh kerinduan.

Begitulah anak usia dini, memori akal bawah sadar nya sangat mudah di isi dan dapat permanen, bahkan sulit terkontaminasi. File kebiasaan yang telah ada dimemori akal bawah sadar mereka akan “menagih” pada waktu yang telah terjadwal di memori mereka. Dan akan terjadi kekecewaan jika tidak mendapatkan seperti biasanya.

INFORMASI PENDAFTARAN PPDB 2019/2020

Dan indah nya, kekecewaan tersebut akan berubah menjadi kerinduan. Jika kekecewaan nya terulang kembali, kerinduan nya semakin kuat. Namun, jika kekecewaan nya terus terulang, maka file kebiasaan yang telah terbentuk di akal bawah sadar nya akan rusak. Lambat laun dapat terdelete.

Yang pada akhirnya, bentuk positif yang ingin di capai oleh para pembentuk nya sulit tercapai, bahkan bisa gagal total. Untuk itu perlu ke konsistenan dalam memberikan sesuatu yang positif kepada anak usia dini.

Karena nya, KB, TK Islam PB Soedirman dalam kegiatan pembelajaran nya menerapkan prinsip konsisten dan berkesinambungan, yang juga merupakan salah satu prinsip pendidikan anak usia dini.

Salah satu nya ada pada kegiatan guru tamu, sebuah kegiatan yang menghadirkan tamu istimewa ke dalam kelas. Yang tidak lain, yang menjadi tamu istimewa adalah orang tua peserta didik.

Alhamdulillah, untuk pekan ini beberapa kelas ada tamu istimewa yang hadir sesuai jadwal nya. Berikut tamu istimewa TK Islam PB Soedirman pada pekan ini :

TK A1  : Kelompok TK A1 pada pekan ini kedatangan tamu istimewa yang membacakan buku cerita kepada mereka. Ia adalah Bunda Mika. Ibu yang biasa disapa bunda pipit ini membuat Mika dan teman – teman nya antusias menyimak cerita tentang “Farm”.

Bunda Mika Bersama TK A1

TK  B1  : Kelompok TK B1 pada pekan ini kedatangan tamu istimewa yang mengajak mereka berkreatifitas. Ia adalah Mamah Fabian. Dengan menggunakan kertas origami, lidi, mata – mataan dan lem, mamah yang bernama Yah Komariah ini membuat Fabian dan teman – teman nya antusias berkreasi.

Mamah Fabian Bersama TK B1

TK   B3  :  Kelompok TK  B3 pada pekan ini kedatangan tamu istimewa yang memberi mereka hadiah peluit. Ia adalah Mamah Gavyn, seorang Polisi Wanita (Polwan). Mamah yang bernama Dessy Rossel,SH ini memberikan pengetahuan tentang rambu – rambu lalu lintas kepada Gavyn dan teman – teman nya. Selain itu mereka juga di ajarkan cara meniup peluit beserta arahan gerakan tangan, seperti Bapak dan Ibu Polisi sedang mengatur lalu lintas. TK B3 sangat senang dan antusias mengikuti arahan Ibu Polwan yang bertugas di Polda Metro Jaya tersebut.

Mamah Gavyn Bersama TK B3
Gavyn dan Teman – Temannya Sedang Meniup Peluit Seperti Polisi

Terimakasih untuk Bunda, Mamah yang telah hadir menjadi tamu istimewa bagi anak – anak TK Islam PB Soedirman pada pekan ini. Bunda, Mamah bukan saja hadir menjadi tamu istimewa didalam kelas, tetapi  hadir juga didalam memori akal bawah sadar mereka membentuk file istimewa dan memperkuat file istimewa yang sudah ada.

Silakan diklik Untuk Membaca Info Guru Tamu Sebelum nya :

Pekan Pertama 

Pekan Kedua 

Pekan Ketiga

Pekan Keempat

Pekan Kelima

Pekan Keenam

Pekan Ketujuh

Pekan Ketujuh KB 

Pekan Kedelapan

Pekan Kesembilan

Pekan Kesepuluh

Pekan Kesebelas

Pekan Keduabelas

Pekan Ketigabelas

Pekan Keempat Belas

16 Comments

  1. Heya i’m for the first time here. I found this board and I find It really useful &
    it helped me out a lot. I am hoping to offer one thing back and help others like you helped me.

  2. I would like to thank you for the efforts you have put in writing
    this site. I really hope to see the same high-grade blog posts from you in the future as well.
    In fact, your creative writing abilities has motivated me to get my own blog now ;
    )

  3. I absolutely love your blog and find a lot of your post’s
    to be precisely what I’m looking for. Would you offer guest writers to write content to suit your needs?
    I wouldn’t mind writing a post or elaborating on many of the subjects you write concerning here.
    Again, awesome weblog!

  4. Hi, I do believe this is a great web site. I stumbledupon it 😉 I am going to return yet again since I saved
    as a favorite it. Money and freedom is the greatest way to change,
    may you be rich and continue to guide others.

  5. I feel this is one of the such a lot important info for me.

    And i’m happy studying your article. But wanna
    statement on few normal issues, The site style is perfect, the articles is in point of fact
    excellent : D. Just right process, cheers

  6. Greetings! Very useful advice in this particular post! It’s the little changes that will make the greatest changes.
    Thanks a lot for sharing!

  7. Hi, I believe your blog could possibly be having internet
    browser compatibility problems. Whenever I look at
    your website in Safari, it looks fine however, if opening in IE, it’s got some overlapping
    issues. I merely wanted to give you a quick heads up! Other than that,
    wonderful site!

  8. Hello there! This is my first visit to your blog!

    We are a team of volunteers and starting a new project in a community in the same niche.

    Your blog provided us valuable information to work on. You have done
    a wonderful job!

  9. I think this is one of the most important information for me.
    And i’m glad reading your article. But should remark on few general things, The web site style is wonderful, the articles is really nice : D.

    Good job, cheers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *