Pelatihan, Penguatan dan Simulasi Sentra KB, TK Islam PB Soedirman.

Pelatihan, Penguatan dan Simulasi Sentra KB, TK Islam PB Soedirman.

Alhamdulillah, pada hari Selasa dan Rabu (14-15 Januari 2020) guru-guru Kelompok Bermain dan TK Islam PB Soedirman mengikuti pelatihan Metode Sentra. Selama dua hari para guru mendapatkan pemantapan tentang metode sentra dari Bunda Yossi Srianita sang trainer BCCT..

Metode Sentra atau BCCT (Beyond Centers and Circle Time) adalah metode pembelajaran pada anak usia dini yang berpusat pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan saat anak dalam lingkaran.

BCCT dapat dikatakan sebagai konsep belajar di mana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong anak didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

KB dan TK Islam PB Soedirman telah menggunakan Metode Sentra selama tujuh tahun. Saat ini ada 6 Sentra yang digunakan dan dikembangkan yaitu Sentra Iman dan Taqwa (Imtaq), Sentra Balok, Sentra Persiapan, Sentra Bermain Peran, Sentra Seni, dan Sentra Bahan Alam.

PPDB TAHUN AJARAN 2020/2021

Selama dua hari tersebut para guru mendapatkan penyegaran tentang konsep Metode Sentra/BCCT dari Bunda Yossi Srianita. Mereka mendapatkan penguatan tentang Pijakan (Scaffoding), yaitu  dukungan yang berubah-rubah yang disesuaikan dengan perkembangan yang dicapai anak yang diberikan sebagai pijakan untuk mencapai perkembangan yang lebih tinggi.

Ada empat pijakan dalam Metode Sentra yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum bermain, pijakan saat bermain, dan pijakan setelah bermain. Keempatnya wajib ada pada metode sentra, karenanya pada dua hari itu Bunda Yossi Srianita memberikan penguatan pada keempat pijakan tersebut, terutama pada pijakan lingkungan ysitu penataan lingkungan main yang disesuaikan dengan intensitas dan densitas.

Selama dua hari itu ada dua sentra yang difokuskan pembahasannya yaitu sentra bermain peran dan sentra persiapan. Selesai pembahasan ada simulasi yang dilakukan oleh guru dan kemudian di evaluasi oleh Bunda Yossi Srianita.

Dan pada akhir pertemuan sebagai gambaran dan referensi penguat pembelajaran Metode Sentra, Bunda Yossi Srianita melakukan simulasi pembelajaran di sentra persiapan. Berikut video saat beliau melakukan simulasi :

 

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *