KB, TK Islam PB Sodirman Berkunjung ke Perpusnas Bagian dari Kegiatan 5P

KB, TK Islam PB Sodirman Berkunjung ke Perpusnas Bagian dari Kegiatan 5P

Menanamkan budaya literasi harus dilakukan sejak usia dini, tentunya dengan cara-cara yang menyenangkan, sesuai tahapan tumbuh kembang dan  minat anak, seperti kegiatan berkunjung ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang dilakukan sekolah KB, TK Islam PB Soedirman. Bukan hanya pengalaman literasi yang mereka dapatkan. Mereka juga mendapatkan pengalaman numerasi, fantasi, dan sosial interaksi.

Pada hari Rabu, 07 September 2022, siswa-siswi KB – TK Islam Soedirman sudah berkumpul sejak pagi hari sebelum sinar matahari menampakkan dirinya secara totalitas. Anak-anak terlihat sangat antusias, begitupun para orang tua yang mengantar mereka. Bapak dan Ibu guru mereka pun sudah bersiap sedia sejak bubarnya jamaah sholat subuh di Masjid-masjid.

Tepat jam 06.50 tiga bis yang membawa rombongan meninggalkan lapangan parkir dengan pengawalan dari petugas kepolisian. Alhamdulillah, padatnya jalan raya Ibu Kota dapat dilalui tanpa halangan berarti sebagaimana yang dialami kendaraan pribadi yang hendak pergi ke tempat mencari rezki.

Tepat jam 08.00 para guru dan siswa mengucapkan tahmid bersama-sama dengan penuh suka cita, “Alhamdulillah, kita sudah sampai.”  Kesukacitaan mereka sangat terlihat ketika mereka berbaris di depan pagar Perpustakaan Nasional Indonesia (Perpusnas) yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat atau seberang parkiran IRTI Monas.

Kemudian dengan berbaris rapih, layaknya pasukan tentara yang sedang antri, mereka memasuki gedung yang dinobatkan sebagai Perpustakaan Tertinggi di Dunia itu. Di dalam, tepatnya di lantai 7 dan 8, mereka mengikuti berbagai kegiatan literasi yang sudah dirancang oleh pihak sekolah dan Perpustakaan Nasioanl, yaitu Story Telling, Literasi Sulap, Menonton Tayangan Edukatif, Membaca Buku, dan Mewarnai Gambar.

Alhamdulillah, 45 menit menjelang adzan sholat dzuhur para rombongan telah berkumpul di lantai bawah untuk menikmati menu makanan yang telah disiapkan oleh ibu-ibu komite. Selesai makan Bersama, rombongan bersiap untuk Kembali ke sekolah. Namun takdir Alloh berkehendak lain, belum sempat mereka Kembali ke bis hujan turun menambah keberkahan acara kunjungan edukasi tersebut.

Alahamdulillah, atas rahmat Allah yang MahaKuasa dan usaha para guru dan karyawan, serta kelihaian para awak sopir dan pak polisi yang mengawal, jam 13.45 rombongan telah Kembali ke sekolah dalam keadaan sebagaimana waktu berangkat.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

KB,TK Islam PB Soedirman melakukan kunjungan ke Perpustakaan Nasional merupakan bagian dari program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sebagaimana implementasi kurikulum merdeka bahwa untuk pencapaian profil pelajar Pancasila di pendidikan anak usia dini dapat dilakukan melalui pembelajaran berbasis projek.

Ada empat alur aktivitas  dalam membuat projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu Kenali, Selidiki, Lakukan, dan Genapi. Kegiatan berkunjung ke Perpustakaan Nasional merupakan bagian kegiatan dari alur Selidiki. Dua hari sebelumnya guru telah memperkenalkan tentang buku, sejarah, bagian-bagiannya, dan manfaat membaca buku ketika pembelajaran di sekolah.

KB, TK Islam PB soedirman pada kegiatan 5P ini menggunakan tema yang telah ditetapkan pemerintah yaitu Imajinasi dan Kreativitasku. Adapun topiknya adalah Buku Sahabatku. Semoga melalui kegiatan ini dapat membentuk karakteristik pelajar Indonesia yaitu pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai norma-norma Pancasila.

 

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *