Rapotan di KB, TK Islam PB Soedirman Semester 1 Bikin Ornag Tua Terharu

Rapotan di KB, TK Islam PB Soedirman Semester 1 Bikin Ornag Tua Terharu

Pada akhir semester setiap sekolah melakukan penilaian dan melaporkan hasilnya kepada wali murid. Kegiatan ini biasa disebut “rapotan”. Setiap satuan pendidikan memiliki cara tersendiri dalam melaksanakannya, seperti KB,TK Islam PB Soedirman punya cara unik dan bikin orang tua terharu.

KB, TK Islam PB Soedirman membagikan hasil perkembangan peserta didiknya diawali dengan kegiatan Pentas Tasmi dan Perayaan Hari Ibu. Kegiatan ini bertujuan menampilkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat alquran, doa harian, dan hadis pilihan, sekaligus melatih kepercayaan diri anak.

Kegiatan diawali oleh peserta didik kelompok B. Mereka tampil pada hari Rabu,14 Desember 2022. Setiap kelas tampil perkelompok. Ada yang tampil membacakan surat alhumazah, alfil, dan al-insyoroh, ada yang membaca doa dan hadist pilihan.

Kemudian pada hari berikutnya, 15 Desember 2022, adik-adik mereka yaitu Kelompok Bermain (KB) dan kelas A tampil seperti kakak-kakak kelas B. Mereka dengan perkembangan sosial emosional yang beragam tampil di atas panggung dengan lucunya, sehingga tidak sedikit gaya mereka membuat para penonton tertawa.

Setelah tampil membacakan surat alquran, hadist, dan doa harian, mereka tampil bersama sebagai persembahan untuk ibu mereka yang pada bulan Desember ini dirayakan (Hari ibu). Mereka bernyanyi bersama, mendoakan orang tua mereka, membaca puisi untuk ayah dan ibu. Kemudian mereka turun dari panggung menghampiri ayah atau ibu, memeluk, dan memberi seuntai bunga dan ucapan “I love you” atau ucapan lainnya yang membuat orang tua mereka menitikkan air mata.

Begitulan yang dilakukan kelas B, A, dan KB. Setelah itu, barulah orang tua bergantian masuk kelas untuk mengambil rapot atau laporan perkembangan anak mereka.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *