Kunjungan Edukatif KB, TPA Islam PB Soedirman Ke Jakarta Aquarium

Kunjungan Edukatif KB, TPA Islam PB Soedirman Ke Jakarta Aquarium

Pada hari Kamis, 21 Februari 2019, peserta didik Kelompok Bermain (KB) dan Tempat Penitipan Anak (TPA) Islam PB Soedirman melakukan kunjungan edukatif ke Jakarta Aquarium, Jakarta Barat.

Pada kegiatan tersebut mereka di perkenalkan dengan beraneka hewan air dan darat. Harapan nya, dengan mengenal sejak usia dini akan tumbuh kecintaan mereka pada mahluk ciptaan Alloh swt, sehingga kelak mereka ikut melestarikan keberadaan hewan – hewan, terutama yang hampir punah.

Dengan di pandu oleh Guide, mereka beserta Guru dan orang tua yang ikut mendampingi nya, berkeliling area Jakarta Aquarium untuk melihat berbagai jenis ikan, mulai dari ikan yang berada didalam aqurium yang dikelilingi hutan mangrove, aquarium dibawah lantai dan kolam besar berisi berbagai jenis ikan mulai dari ikan pari, ikan hiu kecil, ikan ekor kuning, dan yang lainnya.

Bukan hanya ikan sebagai hewan air. Mereka juga berjumpa dengan hewan darat, seperti Iguana dan Berang – berang. Dan bukan sekadar melihat, mereka juga berfoto bersama kedua hewan tersebut.

Pada lembaga konservasi yang merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor yang bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Malaysia) ini, peserta didik KB dan TPA Islam PB Soedirman bukan sekadar melihat biota laut. Namun, mereka juga dapat menyentuh nya. Seperti, bintang laut dan penyu yang mereka temui.

Setelah mereka melihat – lihat berbagai hewan laut dan darat yang ada, berfoto bersama dan menyaksikan pertunjukkan ikan hiu. Mereka di ajak untuk menonton dengan 5 dimensi.

Pada kegiatan menonton ini, mereka masuk ke dalam ruangan yang membuat mereka merasa seperti berada didalam kapal selam sungguhan yang membawa mereka melihat – lihat pemandangan didalam laut dan bertemu dengan berbagai jenis ikan. Dan petualangan didasar laut tersebut berakhir dengan serangan ikan hiu  yang membuat kaca kapal pecah disertai dengan cipratan air. Kejadian tersebut seakan – akan nyata mereka rasakan, padahal itu hanya karena pengaruh 5 dimensi/

Setelah itu, sebelum kembali ke sekolah mereka menyaksikan pertunjukkan putri duyung “Pearl Of The South Sea”

Alhamdulillah, anak – anak KB dan TPA sangat menikmati kegiatan kunjungan edukasi ini. Mereka memperoleh ilmu dan pengalaman baru sesuai dengan perkembangannya.

Aspek perkembangan Nilai – Nilai Agama, Sosial Emosional, Kognitif, Bahasa, Fisik Motorik dan Seni mereka terstimulus pada rangkaian kegiatan yang mereka ikuti selama berada di lantai LG 101 – LGM 101 Mall Neo Soho, kawasan Podomoro City yang terhubung dengan mall Central Park tersebut.

Baca : Fieldtrip TK Islam PB Soedirman Ke Taman Safari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *