Jelang Tahun Baru Islam 1441 H KB,TK Islam PB Soedirman Mengadakan Pawai Sederhana Namun Kaya Manfaat untuk Peserta Didik

Jelang Tahun Baru Islam 1441 H KB,TK Islam PB Soedirman Mengadakan Pawai Sederhana Namun Kaya Manfaat untuk Peserta Didik

Waktu berputar terasa cepat, tak ada yang dapat menundanya, apalagi memundurkannya. Detik berganti menit. Dari menit menjadi jam. Kumpulan jam berubah menjadi hari. Hari menjadi minggu, lalu minggu berganti bulan. Hingga tak terasa berganti tahun. Semua rotasi tersebut tidak ada yang dapat menghentikannya apalagi mengembalikannya.

Apapun jenis perhitungan waktunya, baik Hijriah maupun Masehi. Tetaplah waktu. Ia berjalan tanpa ada yang dapat menghalanginya. Walaupun kita mematikan jam tangan atau dinding, tetap pagi pasti berganti siang, dan siang akan berubah menjadi malam.

Seperti tahun Hijriah, waktu perhitungannya umat Islam yang berdasarkan perputaran bulan dan berawal pada hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Kota Madinah. Sebuah perhitungan waktu yang hakikat penentuannya mengajak umat Islam untuk senantiasa berhijrah dari perkara yang tidak baik menuju kebaikan, dan terus menuju peningkatan hidup yang lebih baik.

Pada hari ini, Sabtu 31 Agustus 2019 atau bertepatan tanggal 30 Dzulhijjah 1440 Hijriah, merupakan penghujung tahun hijriah. Karenanya pada hari ini dan kemarin banyak umat Islam yang telah merayakannya.

Terutama lembaga pendidikan Islam. Mereka merayakan jelang pergantian tahun hijriah bersama para peserta didiknya. Tentu, bukan sekadar merayakan, Melainkan, memperkenalkan makna hijrah, mengenang perjuangan Rasulullah SAW bersama para sahabatnya, dan mengambil pelajaran dari peristiwa hijrah sang Nabi, serta meneladani mereka dalam memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Setiap lembaga pendidikan berbeda cara merayakannya. Mereka menyesuaikan dengan keadaan sekolah dan lingkungannya. Yang kemarin merayakannya, karena hari ini libur. Dan yang merayakannya hari ini, karena besok mereka libur.

Seperti KB, TK Islam PB Soedirman, mereka merayakannya kemarin (Jum’at 30 Agustus 2019). Pada jelang akhir tahun hijriah ini mereka mengadakan pawai, berkeliling lingkungan lembaga pendidikan yang berdiri sejak 1966 dan berada di pinggir jalan raya bogor itu. Karenanya, kegiatan tersebut sangat pas dan aman untuk mereka yang masih usia dini tersebut.

Dengan berbusana muslim putih, menggunakan atribut pawai seperti topi dari karton bertuliskan selamat tahun baru hijriah, dan membawa umbul-umbul kecil, mereka berjalan sambil menyanyikan lagi Islami dan mengucapkan selamat tahun baru ke setiap orang yang mereka jumpai.

Bersama guru setiap kelas memasuki pekarangan unit pendidikan yang ada, seperti SD, SMP, SMK 1, SMK 2, SMA, STKIP, dan STIE Kusuma Negara. juga kantor Yayasan. Kepada guru, petugas sekolah, dan kakak kelas mereka, para peserta didik KB, TK Islam PB Soedirman mengucapkan “Selamat Tahun Baru Islam” dan memberikan umbul-umbul yang mereka bawa.

Terlihat, kegiatan ini sederhana. Namun, acara rutin tahunan ini kaya pembelajaran untuk anak usia dini yang bermanfaat menstimulasi aspek perkembangan mereka, terutama aspek nilai-nilai agama dan moral.

Selamat Tahun Baru, Hijriah, Muharam, merupakan tiga dari sekian kosakata yang mereka temui saat pawai yang dapat menstimulasi aspek perkembangan bahasa mereka. Berinteraksi dengan kakak kelas, dan orang yang mereka jumpai, merupakan aktifitas yang dapat merangsang perkembangan sosial emosional mereka.

Berjalan kaki sambil membawa umbul-umbul merupakan kegiatan sederhana yang memperkaya perkembangan fisik motorik mereka. Bernyanyi, dan bersholawat, dapat menstimulasi bakat seni yang mereka miliki.

Dan mendapatkan informasi tentang hijriah, jumlah tahun, ukuran dan bentuk umbul-umbul, tempat yang mereka datangi, dan jumlah orang yang mereka temui, merupakan pengetahuan yang dapat menstimulasi kognitif mereka.

Dan yang terpenting dari kegiatan berputar lingkungan sekolah tersebut memberikan pelajaran untuk kita semua bahwasanya waktu terus berputar meninggalkan berbagai hal yang kita lakukan tanpa bisa kita mengembalikannya.

Karenanya Allah SWT berfirman :

Demi waktu. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali, orang yang beriman, beramal sholih, dan saling menasihati tentang kebenaran. Dan menasihati tentang kesabaran” (QS. Al-ashr)

Kepada pembaca yang budiman, KB, TK Islam PB Soedirman mengucapkan “SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARAM 1441 H” 

17 Comments

  1. Good post however I was wanting to know if you could write a litte more on this topic?
    I’d be very grateful if you could elaborate a little bit further.
    Kudos!

  2. Hello to every body, it’s my first pay a quick visit of this web
    site; this weblog contains awesome and really excellent information in favor of visitors.

  3. Hello it’s me, I am also visiting this web page on a regular basis,
    this web page is in fact fastidious and the viewers are genuinely sharing pleasant thoughts.

  4. I’m not that much of a internet reader to be honest but your blogs really nice, keep it up!
    I’ll go ahead and bookmark your site to come back later.
    Many thanks

  5. It’s a pity you don’t have a donate button! I’d certainly donate to this brilliant blog!
    I guess for now i’ll settle for bookmarking and
    adding your RSS feed to my Google account. I look forward
    to new updates and will share this site with my Facebook group.
    Chat soon!

  6. I was suggested this blog by means of my cousin. I’m now not sure whether this publish is written by him as nobody else know such particular about my problem.
    You are incredible! Thank you!

  7. Hi, I do believe this is a great website.
    I stumbledupon it 😉 I am going to revisit yet again since i have saved as a favorite it.
    Money and freedom is the greatest way to change, may you
    be rich and continue to guide other people.

  8. I know this if off topic but I’m looking into
    starting my own blog and was wondering what
    all is required to get set up? I’m assuming having a blog like yours would cost
    a pretty penny? I’m not very internet savvy so I’m not 100% certain.
    Any suggestions or advice would be greatly appreciated.
    Many thanks

  9. Admiring the dedication you put into your website
    and detailed information you offer. It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t the same old rehashed material.
    Great read! I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds to my Google
    account.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *