Orang Tua dan Guru Mendapatkan Keberkahan Pada Acara LOKETA KB dan TK A Islam PB Soedirman, Berkahnya Tidak Terhingga!

Orang Tua dan Guru Mendapatkan Keberkahan Pada Acara LOKETA KB dan TK A Islam PB Soedirman, Berkahnya Tidak Terhingga!

Allahumma bariklana fii Rajab, wasyaban, wa balighna Ramadhan”

(Yaa Allah berkahilah Kami di bulan Rajab dan syaban, dan sampaikanlah  kami hingga Ramadhan).

Doa singkat tersebut adalah doa yang sering kita dengar saat bulan Rajab. Doa yang diajarkan Rasulullah SAW tersebut singkat namun sarat makna dan hikmah. Melalui doa itu kita meminta keberkahan kepada Allah SWT, terutama keberkahan umur hingga dipertemukan oleh bulan yang mulia dan penuh berkah yaitu Ramadhan.

Sebagian kita masih beranggapan berkah adalah mendapatkan materi yang melimpah, naik jabatan, atau mendapatkan anak. Padahal, dapat melaksanakan shalat berjama’ah di Masjid, membaca alquran, menuntut ilmu, dan keluarga kita diberi kesehatan juga merupakan keberkahan.

Termasuk memiliki anak yang rajin sekolah, mau belajar dan membaca alquran, berani tampil di depan umum, selalu ceria, serta senantiasa melafadzkan doa terutama untuk kedua orang tuanya juga merupakan keberkahan dari Allah SWT.

Untuk itu, terkabulnya doa memohon keberkahan di bulan Rajab ini bisa jadi Allah SWT berikan tidak dalam bentuk materi, melainkan dalam bentuk yang lain seperti anak-anak yang mau dan bersemangat mempelajari agama dan kitab sucinya, serta menunjukkan kemampuan beragamanya di depan umum (Syiar).

Jika kita semua memahami keberkahan seperti itu, maka beruntunglah orang tua peserta didik Kelompok Bermain (KB) dan  TK A Islam PB Soedirman, dikarenakan pada hari ini (Jum’at 13 Maret 2020) mereka  dapat menyaksikan putra-putri mereka tampil di depan umum membaca doa, alquran, dan praktik sholat dengan semangat pada acara LOKETA (Lomba Keterampilan Agama).

INFORMASI PPDB TAHUN AJARAN 2020/2021

Kegiatan LOKETA merupakan kegiatan rutin sekolah yang ditujukan untuk peserta didik KB dan TK A. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih keberanian peserta didik tampil di depan umum yaitu dihadapan orang tua, Bapak-Ibu guru, karyawan sekolah dan dewan juri. Selain itu kegiatan tersebut juga berguna untuk guru sebagai evaluasi perkembangan nilai-nilai agama dan moral, bahasa, serta perkembangan sosial emosional peserta didik.

Tujuan-tujuan tersebut diungkapkan oleh Ibu Fricorina Sandrawati,S.Si, M.Pd selaku Kepala Sekolah KB,TK islam PB Soedirman saat menyampaikan kata sambutan. Pada sambutannya beliau juga menyampaikan bahwa sesungguhnya semua peserta didik yang hadir adalah juara karena sudah berani untuk tampil di depan umum.

Untuk LOKETA tahun ini sekolah mengangkat tema “Alquran dilisanku, Alquran di hatiku”.  Harapannya semua peserta menjadi senang berinteraksi dengan alquran, mencintainya,  mengamalkannya, serta menyebarluaskannya.

Ada 4 kategori lomba yang diikuti oleh peserta didik, yaitu (1) Baca doa, (2) Hafalan surat alquran, (3) Membaca hadis, (4) Praktik Sholat. Keempatnya diikuti  secara berkelompok dan dinilai oleh dewan juri non guru atau berasal dari luar sekolah. Dipilih dewan juri non guru untuk menjaga obyektifitas penilaian.

Beberapa Peserta Saat Tampil

Dengan percaya diri semua peserta tampil menunjukkan kemampuannya dalam praktik keagamaan. Ada yang membaca alquran dengan penuh semangat, ada yang membaca doa dengan khusyu dan lugu, serta saat sholat ada yang melakukan gerakan sesuai tuntunan, ada juga yang melakukan gerakan tambahan. Kesemuanya tampil natural hingga membuat terpingkal para orang tua, guru, dan dewan juri.

Suara mereka melantunkan ayat-ayat alquran, doa, dan hadis menenteramkan hati yang mendengarkannya. Tingkah lugu mereka  saat  berusaha mempraktekkan gerakan sholat menyejukkan hati orang-orang dewasa yang melihatnya. Ketenteraman dan kesejukan menyaksikan mereka tampil memeriahkan acara LOKETA merupakan keberkahan tersendiri bagi orang tua dan merupakan wujud nyata dari doa yang sering dipanjatkan yaitu “

Robbana hablana min azwatina wa dzurriyatina QURRATA A’YUN…”

Dan keberkahan tersebut bertambah terasa nikmatnya ketika melihat mereka tersenyum riang sambil melangkah ke panggung acara untuk menerima trophy sebagai bentuk apresiasi dari sekolah dikarenakan mereka sudah berani tampil dan bersemangat mempraktekkan kemampuan keagamaan yang telah mereka capai.

Peserta Senang Mendapat Trophy

 

7 Comments

  1. Ping-balik: viagra 100mg
  2. Ping-balik: chloroquine phosphate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *