Kelompok B TK Islam PB Soedirman Mengikuti Manasik Haji Meneladani Kegigihan Keluarga Nabi Ibrahim AS

Pada hari Selasa, 25 September 2018 peserta didik kelompok B TK Islam PB ikut menggemuruhkan Masjid At – Tin, Komplek Taman Mini, Jakarta Timur, pada acara Manasik Haji untuk TK se Kecamatan Pasar Rebo.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak – Kanak (IGTK) Pasar Rebo pada Tahun ini mengusung tema  “Melalui Peragaan Manasik Haji Kita Bangun Karakter Anak Usia Dini Yang Beriman dan Bertaqwa  Menuju Generasi Emas Penerus Bangsa”.

Pada acara yang rutin dilakukan setahun sekali itu, aspek perkembangan nilai – nilai agama dan moral peserta didik terstumulus dengan cukup baik. Kalimat talbiyah yang keluar dari mulut mungil mereka, merangsang kemampuan lidah mereka mengenal dan menggerakkan huruf – huruf penyusun kitab suci Al – qur’an, yang akhirnya dapat melancarkan lidah mereka untuk mengucapkan huruf dari bahasa ibu mereka.

Usia TK B adalah usia fitrah, para ilmuan menyebut nya dengan “golden age”, diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi ” Usia Emas”. Merupakan usia yang sangat mudah menerima berbagai informasi sebagai pembentuk kepribadian mereka.

Ibadah haji adalah ibadah yang salah satu tujuan pelaksanaan nya untuk meneladani kepribadian Ibrahim AS , ismail AS dan siti hajar.

Maka salah satu tujuan dari pelaksanaan manasik haji untuk anak TK  adalah mengenalkan ketaatan dan kegigihan keluarga Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Alloh swt. Melalui tuturan pembawa acara, lagu dan ritual manasik haji, kepribadian mulia tersebut diharapkan dapat diserap oleh anak – anak.

Dibawah terik matahari anak – anak TK melaksanakan serangkaian acara manasik. Tubuh mungil mereka bercucuran keringat mengurai rasa lelah dan panas yang mereka rasakan. Derap langkah mereka, memperkuat kemampuan motorik kasar dan halus mereka.

Mengantri memasuki setiap kegiatan berguna untuk melatih ketertiban mereka. Yang puncak nya, intra dan interpersonal mereka terlatih di Masjid megah peninggalan presiden RI ke 2 tersebut.

Semoga kelak mereka dapat melaksanakan ibadah haji, atau umroh dan dapat mengaplikasikan apa yang mereka peroleh pada hari ini. Sehingga kelak mereka mendapat haji mabrur. Begitu juga dengan bapak, ibu gurunya. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *