Kognitif Peserta Didik TK Islam PB Soedirman Berkembang Melalui Pengalaman Positif Bersama Guru Istimewa Mereka

Kognitif Peserta Didik TK Islam PB Soedirman Berkembang Melalui Pengalaman Positif Bersama Guru Istimewa Mereka

Peserta didik TK Islam PB Soedirman pada pekan pertama di bulan desember ini kembali mendapatkan pengalaman positif dari tamu istimewa mereka melalui Program Guru Tamu.

Pengalaman adalah peristiwa yang dialami oleh seseorang yang berpotensi membentuk kepribadian nya, terutama jika yang mengalami peristiwa adalah seorang yang keadaan diri nya sangat rentan terpengaruh oleh sesuatu yang datang dari luar dirinya. Para pakar pendidikan menyebut masa “rentan terpengaruh” tersebut dengan “masa krisis” yang hanya terjadi saat usia dini.

Usia dini disebut demikian karena merupakan masa terpenting dan genting pada kehidupan seseorang yang terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Dimana pada masa tersebut kuantitas dan kualitas tubuh seorang anak meningkat pesat seiring bertambah nya usia mereka, berkembangnya otak mereka dan pengalaman yang diberikan oleh ingkungan sekitar mereka.  Artinya tumbuh kembang seorang anak selain dipengaruhi oleh usia, perkembangan otak, juga dipengaruhi oleh pengalaman yang diperoleh nya dari orang dewasa atau anak lain yang sudah matang perkembangan nya.

Salah satu aspek pada diri anak yang mengalami perkembangan pesat adalah aspek kognitif.  Aspek yang menentukan kemampuan seseorang dalam menerima, menyimpan, mengelola dan menggunakan pengetahuan.

Perkembangan kognitif yang baik pada seorang anak, dapat memudahkan anak untuk menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh nya untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar nya baik di lingkungan rumah, lingkungan sekolah maupun lingkungan sosial lainnya.

Anak usia dini memang unik. Meski tahapan perkembangan mereka sama, namun perkembangan mereka bersifat individualis. Artinya setiap anak perkembangan nya berbeda meski usia mereka sama dan dalam lingkungan yang sama, seperti dalam satu kelas.

Perbedaan tersebut terjadi disebabkan oleh beda nya kuantitas dan kualitas pengalaman positif  yang diperoleh seorang anak dari lingkungan sekitar nya, terutama dari lingkungan utama mereka yaitu lingkungan keluarga. Semakin luas pengalaman positif yang anak peroleh dari lingkungan, maka perkembangan kognitif nya semakin berpeluang berkembang dengan baik dan pesat.

KB, TK Islam PB Soedirman sangat memahami tumbuh kembang anak, kebutuhan anak akan lingkungan dan pengalaman positif, dan pengaruh interaksi orang dewasa terhadap tumbuh kembang anak. Karena nya sekolah yang telah 42 Tahun berkhidmat tersebut berusaha menciptakan lingkungan positif dan menghadirkan pengalaman positif yang berkualitas  dengan melibatkan orang – orang istimewa, terutama orang teristimewa dihati anak. Salah satunya melalui Program Guru Tamu.

Alhamdulillah, program yang menghadirkan tamu istimewa tersebut pada pekan ini terlaksana kembali. Berikut tamu istimewa TK Islam PB Soedirman pada pekan ini :

TK  A2  :  Alhamdulillah, Tamu istimewa Kelompok TK A2 pada pekan ini adalah Mamah Kenzo. Pengetahuan yang diberikan oleh Mamah bernama Asti Torina ini kepada Kenzo dan temen – temannya adalah pengetahuan tentang pesawat terbang. Dengan menggunakan Buku Ensiklopedia Junior Pesawat Terbang Mamah Kenzo membuat Kelompok TK A2 antusias menyimak pengetahuan yang disampaikan nya.

Mamah Kenzo Bersama Kelompok A2

TK  A3  : Alhamdulillah, untuk Kelompok TK A3 yang menjadi tamu istimewa pada pekan ini adalah Mamah Tristan. Dengan menggunakan bahan kertas bergambar dan potongan origami, Mamah Tristan memberikan pengetahuan kepada Kelompok TK A3 berupa teknik kolase yang membuat  Tristan dan teman – teman nya semangat mengkolase gambar yang ada pada mereka.

Mamah Tristan Bersama Kelompok A3

INFORMASI PENDAFTARAN PPDB 2018/2020

Untuk TK A1, Qadarulloh tamu istimewa nya berhalangan hadir. Namun, pada hari itu mereka tetap mendapatkan pengalaman istimewa dari guru kelas mereka berupa pengetahuan membuat baju/mahkota/bandana dari kertas origami yang ditempel pada sendok plastik.

Kelompok TK A1 Berkreasi Bersama

TK  B1  : Alhamdulillah, Tamu istimewa Kelompok TK B1 pada pekan ini adalah Mamah Asyam. Pengetahuan yang diberikan oleh Mamah bernama Ise Nurbayanah ini adalah pengetahuan macam – macam ikan dan teknik membuat ikan lele dari kertas origami. Asyam dan teman – teman nya sangat antusias membuat ikan lele dan sangat senang menenteng ikan lele yang telah mereka buat menggunakan tempat menyerupai akuarium mini.

Mamah Asyam Bersama Kelompok B1

TK  B2  : Alhamdulillah, untuk Kelompok TK B2 yang menjadi tamu istimewa pada pekan ini adalah Mamah Khinara. Dengan menggunakan kertas karton, potongan sedotan, Mamah yang bernama Putri Purnamasari ini memberikan pengetahuan kepada Kelompok TK B2 berupa teknik membuat bingkai foto, yang pada akhirnya membuat Khinara dan teman – teman nya bersemangat memasang foto kenangan mereka pada bingkai yang telah mereka buat.

Mamah Khinara Bersama Kelompok B2

TK  B3  : Alhamdulillah, Tamu istimewa Kelompok TK B3 pada pekan ini adalah Mamah Nayyara. Pengetahuan yang diberikan oleh Mamah bernama Lucky Ratna Wulandari ini adalah pengetahuan tentang cara membuat kue coklat marsmellow pop. Pada kesempatan ini, Nayyara dan teman – teman nya selain mendapatkan pengetahuan cara membuat kue yang enak tersebut, mereka juga mendapatkan pengetahuan tambahan tentang ke halallan bahan – bahan pembuat kue yang membuat mereka ketagihan ketika menikmatinya.

Mamah Nayyara Bersama Kelompok  B3

Terimakasih Mamah – Mamah yang telah meluangkan waktunya hadir didalam kelas – kelas Ananda sehingga memperkuat suasana lingkungan positif, serta memberikan pengetahuan positif guna mendukung perkembangan kognitif peserta didik TK Islam PB Soedirman.

“Perbuatan dan ucapan orang dewasa bagi seorang anak adalah referensi pengetahuan yang digunakan anak untuk membentuk sinaps  – sinak pada otak hingga terbentuk segala hal untuk kehidupan anak”.

Silakan diklik Untuk Membaca Guru Tamu Sebelum nya :

Pekan Pertama 

Pekan Kedua 

Pekan Ketiga

Pekan Keempat

Pekan Kelima

Pekan Keenam

Pekan Ketujuh

Pekan Ketujuh KB 

Pekan Kedelapan

Pekan Kesembilan

Pekan Kesepuluh

Pekan Kesebelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *