Mengoptimalkan Pencapaian Perkembangan Peserta Didik KB,TK Islam PB Soedirman Bersama Tamu Istimewa Mereka

Mengoptimalkan Pencapaian Perkembangan Peserta Didik KB,TK Islam PB Soedirman Bersama Tamu Istimewa Mereka

Kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan pada anak usia dini perlu diberikan stimulus sesuai dengan usia dan perkembangan nya serta melalui kegiatan yang menarik untuk mereka.

Kompetensi sikap yang diharapkan berkembang pada anak usia dini adalah sikap spiritual dan sikap sosial. Kedua sikap tersebut tidak terpisahkan, kedua nya saling mempengaruhi. Karena nya, diharapkan kedua nya berkembang dengan baik, agar anak menjadi manusia yang baik hubungan dengan pencipta nya dan dengan sesama nya.

Pada kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini 2013, yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan  Nomor 146 Tahun 2014, sangat jelas memberikan arahan para pendidik agar memberikan stimulus pendidikan dengan mempertimbangkan tingkat pencapaian perkembangan anak dalam lingkup perkembangan.

Pendidik yang dimaksud pada peraturan menteri tersebut adalah Guru PAUD yang mengabdi di lembaga pendidikan anak usia dini formal maupun non formal.

Namun, sebagian besar waktu anak adalah bersama orangtua nya di rumah. Karena nya orangtua adalah pendidik. Bahkan pendidik yang pertama dan utama untuk anak – anak nya.

Pendidikan  paling berkesan yang diterima seorang anak adalah pendidikan yang diberikan langsung oleh orangtua nya. Pendidikan tersebut dapat menancap kuat, menyusun kepribadian nya yang unggul yang tidak mudah terbujuk oleh rayuan negatif dikehidupannya  kelak. Sebagaimana Yusuf as yang mampu menolak bujukan ratu cantik jelita yang mengajak nya untuk bermaksiat, karena teringat pendidikan yang diberikan oleh ayahnya.

Lembaga Pendidikan TK Islam PB Soedirman yang telah 42 Tahun lebih mengabdi mencetak generasi bangsa yang islami sangat memahami penting nya pemberian pendidikan oleh orang tua dan pendidik disekolah, guna menstimulus kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan anak, agar kelak mereka tumbuh menjadi pribadi yang unggul dan teguh pendiriannya dalam amar maruf nahi munkar.

INFO PPDB 2019/2020

Karena nya didalam kegiatan pembelajaran nya senantiasa berusaha bersinergi dengan orang tua peserta didik. Salah satu kegiatan yang bersinergi dengan orang tua peserta didik adalah Program Guru Tamu yang dilaksanakan setiap satu pekan sekali.

Alhamdulillah, pada pekan ini KB, TK A dan B kembali kedatangan Guru tamu, yang menjadi tamu istimewa, yang menstimulus kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik KB, TK Islam PB Soedirman.

Berikut tamu istimewa KB, TK Islam PB Soedirman pada pekan ini :

KB   : Tamu istimewa Kelompok Bermain pada pekan ini, yang memberikan mereka pengalaman berkesan sebagai  stimulus kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan mereka adalah Mamah Nursafitri, orangtua dari Khaliluna Afseen Ayomi. Ia memberikan Kelompok Bermain pengalaman istimewa berkreasi “Kolase Kacang Hijau”.

Kelompok Bermain Bersama Mamah Khaliluna Afseen Ayomi

TK A1  : Tamu istimewa kelompok TK A1 pada pekan ini adalah Mamah nya Athilla. Mamah bernama Alvina Martalina ini  membacakan buku cerita ” Kejutan (Ulang Tahun) Untuk Woozy” kepada Athilla dan teman – teman nya. Kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan Kelompok TK A1 terstimulus dengan baik  melalui cerita Yang mereka simak dengan antusias ini.

Kelompok A1 Bersama Mamah Athilla

TK A2   : Kelompok TK A2, pada pekan ini kedatangan tamu istimewa yaitu Mamah nya Albidzar, dengan membacakan buku cerita berjudul ” Bangau dan Buaya Telaga”, kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan Albidzar dan teman – teman nya terstimulus dengan baik oleh Mamah yang bernama Yulianti Amik ini.

Kelompok A2 Bersama Mamah Albidzar

TK A3   : Pada pekan ini kelompok TK A3 kedatangan tamu istimewa yaitu Mamah nya Fata, dengan bercerita yang berjudul ” Beautiful Animals” dan membuat Wayang Kupu – Kupu, kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan Fata dan teman – teman nya terstimulus dengan baik oleh Mamah yang bernama Soraya Apriana ini.

Kelompok A3 Bersama Mamah Fata

TK  B1  : Tamu istimewa kelompok TK B1 pada pekan ini adalah Mamah nya Keyhan Alka Divyana. Dengan menggunakan media boneka tangan, Mamah yang bernama Nurlaila Sari ini  bercerita tentang” Arti Sahabat”. Alhamdulillah, kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan TK B1 terstimulus   melalui cerita Yang mereka simak dengan antusias.

Kelompok B1 Bersama Mamah Kei

TK  B2  : Tamu istimewa kelompok TK B2 pada pekan ini adalah Mamah nya Aulia. Mamah yang bernama Tanti Dian Ruhama ini membacakan buku cerita “Nasehat Katak”  kepada Aulia dan teman – temannya. Dan sudah tentu, kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan TK B2 terstimulus  melalui cerita Yang mereka simak dengan antusias itu.

Kelompok B2 Bersama Mamah Aulia

TK  B3  : Tamu istimewa kelompok TK B3 pada pekan ini adalah Mamah nya  Zidane Alfarizi. Mamah yang bernama Widya Puri ini bercerita kepada Zidane dan teman – temannya mengenai adab sehari – hari ( adab sebelum tidur, adab bangun tidur, adab membersihkan rambut). Dan sudah tentu, kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan TK B 3 terstimulus  melalui cerita Yang mereka simak dengan antusias itu.

Kelompok B3 Bersama Mamah Zidane

Terimakasih Kepada Mamah – mamah yang pada pekan ini telah memberikan pengalaman berkesan kepada Anak – Anak KB, TK Islam PB Soedirman.

Silakan diklik Untuk Membaca Guru Tamu Sebelum nya :

Pekan Pertama 

Pekan Kedua 

Pekan Ketiga

Pekan Keempat

Pekan Kelima

Pekan Keenam

Pekan Ketujuh

Pekan Ketujuh KB 

One Comment

  1. Woww keren pak artikelnya..
    terimakasih mama2 yang sudah meluangkan waktunya untuk bermain dan belajar bersama anak2. Semoga kegiatan ini dapat menstimulus anak2…
    Jayalah TK Islam Yasma PB. Soedirman…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *