“Yang Penting, Berani Tampil”, Kelompok B TK Islam PB Soedirman Mengikuti Lomba Kreatifitas dan Olah Raga, Hasilnya Sangat Penting.

“Yang Penting, Berani Tampil”, Kelompok B TK Islam PB Soedirman Mengikuti Lomba Kreatifitas dan Olah Raga, Hasilnya Sangat Penting.

Hari ini Sabtu, 26 Januari 2019, Peserta didik Kelompok B TK Islam PB Soedirman mengikuti kegiatan lomba kreatifitas dan olah raga yang di selenggarakan oleh SD Islam PB Soedirman.

Sebelum berangkat menuju ke lokasi lomba, yang tidak jauh dari gedung sekolah kami, semua Kelompok B yang sudah hadir di sekolah dikumpulkan di aula sekolah.

Mereka dikumpulkan guna mengecek kelengkapan personil dari masing – masing lomba, dan setelah itu dilanjutkan dengan doa dan sedikit informasi untuk peserta didik dan para orang tua yang ikut mendampingi.

“Anak – anak ikut lomba bukan untuk dapat juara, bukan untuk dapat piala, bukan itu tujuan nya, yaa mamah dan papah, anak – anak juga. Tujuan nya supaya anak – anak tambah berani untuk tampil, jadi percaya diri. Dapat juara, Alhamdulillah. Tidak dapat, Alhamdulillah sudah hebat berani tampil”

Begitu lah ucapan Ibu Siti Maesaroh, seorang Guru Senior di TK Islam PB Soedirman, saat melepas Kelompok TK B yang akan mengikuti lomba tersebut.

Sebuah ucapan yang menegaskan tujuan di ikut sertakan nya Kelompok TK B pada lomba yang diselenggarakan dalam rangka perayaan Milad ke 48 SD Islam PB Soedirman itu.

Dan ucapan tersebut pun sejalan dengan ucapan para orang tua yang ikut mendampingi. “Yang penting, berani tampil”. Begitulah perkataan yang entah berapa kali penulis mendengar nya ketika mendampingi Kelompok TK B yang mengikuti lomba adzan dan saat menyaksikan lomba futsal.

Dengan demikian, berarti orang tua dan guru sangat sepakat, bahwa kegiatan lomba yang di ikuti oleh anak – anak adalah ajang untuk melatih kepercayaan diri mereka, menstimulus kecerdasan intrapersonal dan perkembangan sosial emosional mereka. Bukan untuk memperebutkan piala yang tidak seberapa harga nya.

Dan memang, perkembangan sosial emosional setiap anak berbeda meski kelompok usia mereka sama. Ketika di ruangan lomba adzan, perbedaan perkembangan mereka terdengar sangat jelas sekali.

Ada anak yang menangis, ingin nya di dampingi oleh orang tua nya. Ada anak yang hanya maju ke depan, setelah itu lupa dengan urutan kalimat adzan nya. Ada anak yang berani maju ke depan dan berani bersuara hingga kalimat terakhir, meski ditengah nya ada kalimat – kalimat yang tidak terucap. Ada juga yang berani maju dan lantang mengumandangkan adzan nya hingga selesai. Begitulah suasana diruangan tempat pelaksanaan lomba adzan yang penulis dengar dari balik pintu.

3 Muadzin TK B Islam PB Soedirman Saat Berlaga Di hadapan Dewan Juri

Dari ruangan lain pun, tidak berbeda. Ada yang menanyakan waktu pulang dan ada yang mengeluh tidak mau meneruskan mewarnai gambar nya.

INFORMASI PENDAFTARAN PPDB 2019/2020

Lebih seru lagi yang  berlaga di lapangan futsal. Seandai nya bola bundar yang mereka  tendang – tendang tidak beraturan itu bisa bersuara, pasti akan tertawa dan berteriak, “yaa Ampun..bocah, aku mau di apain sih, mau di kemanain, ihhh..lucu dehhh ?”.

Apa pun yang terjadi pada ajang lomba kreasi dan olah raga yang di ikuti oleh 20 lembaga pendidikan anak usia dini tersebut, itulah ke unikan perkembangan anak usia dini. Dan itu lah tahapan yang di capai oleh masing – masing anak.

Yang pasti,  keberanian mereka untuk tampil di depan umum sudah menjadi nilai yang sangat penting dan sangat berarti sebagai referensi guru dalam menentukan KBM di sekolah, terutama yang terkait dengan perkembangan sosial emosional, kecerdasan intrapersonal, dan perkembangan lain nya yang tampak pada lomba tersebut.

Alhamdulillah, meski bukan tujuan. Beberapa peserta didik memiliki keunggulan pada mata lomba yang ada. Di antara nya :

  1. Lomba Adzan, Mendapatkan Juara 2. Yaitu Ananda Aftan dari TK B2.
  2.  Lomba Puisi :  Mendapatkan Juara 3  Yaitu Ananda Alyssa dari TK B2. Dan Juara Harapan 3, Yaitu Ananda Jaffan dari TK B1.
  3. Lomba Hafalan Surat Pendek : Mendapatkan Juara Harapan 3, Yaitu Ananda Bintang dari TK B1.
  4. Sholat Berjama’ah Juara harapan 3
  5. Lomba Puitisasi Alquran Mendapatkan Juara Harapan 2
  6. Lomba Menari Mendapatkan Juara Harapan 2
  7. Lomba Melukis Mendapatkan Juara Harapan 1. Yaitu Ananda Shafa dari TK B1.
  8. Lomba Mewarnai gambar Mendapatkan Juara harapan 3, Yaitu Ananda Amira dari TK B1.
  9. Lomba Futsal Mendapatkan Juara Harapan 2.

Akhirnya, apa pun hasil yang di raih dan apa pun yang terjadi pada ajang lomba tersebut, “yang penting, berani tampil !”.

Dan yang lebih penting untuk Guru setelah menyaksikan peserta didik nya menunjukkan kemampuan nya pada ajang lomba kreasi dan olah raga tersebut adalah Guru bisa menampilkan kegiatan belajar di sekolah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan perkembangan peserta didik nya.

Baca : Memperkuat Kepositifan Diri Peserta Didik KB,TK Islam PB Soedirman Bersama Tamu Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *