Memperkuat Kepositifan Diri Peserta Didik KB,TK Islam PB Soedirman Bersama Tamu Istimewa

Memperkuat Kepositifan Diri Peserta Didik KB,TK Islam PB Soedirman Bersama Tamu Istimewa

“Berpikir positif adalah sumber kekuatan dan sumber kebebasan. Disebut sumber kekuatan karena ia membantu kita memikirkan solusi sampai mendapatkannya, dengan begitu kita bertambah mahir, percaya diri dan kuat. Disebut sumber kebebasan karena dengannya kita akan terbebas dari penderitaan dan kungkungan pikiran negatif serta pengaruhnya pada fisik” (DR. Ibrahim Elfiky)

Anak usia dini adalah usia fitrah, usia yang masih sangat polos. Bukan Cuma sekadar polos, ternyata mereka juga tergolong manusia – manusia pemberani. Bahkan, keberanian mereka dapat melampui orang dewasa. Bukan mengada – ada. Inilah kenyataan dilapangan, terutama di lembaga pendidikan anak usia dini, tempat anak – anak berkreasi mengukir masa depan yang gemilang.

Anak usia dini adalah manusia pemberani. Dan itu bukan berlebihan, meski keberanian nya masih dalam hal yang sederhana dan seputar dunia mereka. Tetapi ada juga dalam hal yang tidak sederhana, hingga ada juga yang berisiko.

Anak usia dini tidak pernah takut dan ragu dalam bertindak terutama terhadap hal baru yang mereka dapatkan. Rasa ingin tahu yang mereka miliki menjadi pendorong keberanian mereka untuk berbuat.Tidak ada kata kegagalan dalam akal mereka, yang ada hanya keberhasilan dan kemampuan yang mereka akui dalam diri mereka sendiri.

Sangat berbeda dengan orang dewasa, yang akal nya sudah memiliki sekian keraguan yang ditambah dengan sekian ketakutan ketika ingin melakukan sesuatu, terutama sesuatu yang baru ditemui nya. Berkebalikan dengan anak usia dini. Orang dewasa memiliki sekian kata kegagalan dan ketidak mampuan dalam akal mereka, sehingga pengakuan terhadap kemampuan diri menjadi lemah.

Orang dewasa yang memandang sesuatu menggunakan pikiran yang negatif, atau bercampur dengan pikiran positif. Maka hanya menghasilkan keraguan dan ketakutan untuk bertindak. Jika ia bertindak pun,  bertindak nya tidak totalitas, sering mengeluh, mencari alasan dan jika tidak berhasil akan menyalahkan orang lain atau sesuatu diluar dirinya.

Berbeda dengan anak usia dini, mereka berani mengambil keputusan dan bertindak tanpa ragu, karena mereka melihat sesuatu yang baru mereka temui dengan pikiran yang positif. Pikiran positif mempengaruhi akal menjadi positif, yang kemudian membuat akal mereka konsentrasi pada hal yang positif, sehingga perasaan mereka menjadi positif dan pada akhirnya mendorong tubuh mereka untuk bertindak sesuai dengan yang mereka pikirkan. Meskipun hasilnya tidak sesuai, bahkan bisa negatif dari apa yang mereka bayangkan, namun mereka tidak menyalahkan orang lain atas ketidak berhasilan keputusan yang diambilnya. Dan mereka akan mencoba lagi hingga berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Itulah anak usia dini, mereka berani  bertindak dikarenakan pikiran mereka  positif. Terhadap apapun yang baru mereka temui, selagi menarik perhatian mereka, mereka memandangnya dengan pikiran yang positif. Tidak menggunakan atau menambah nya  dengan pikiran yang negatif.

Untuk itu sangat penting agar orang dewasa yang ada disekitar nya, terutama orang tua dan guru nya untuk menjaga pikiran mereka agar senantiasa positif ketika menghadapi sesuatu hal, terutama hal yang baru mereka temui.Agar mereka dapat tumbuh menjadi manusia yang senantiasa berpikir positif hingga dapat menghasilkan karya – karya yang positif.

KB,TK Islam PB Soedirman sebagai lembaga pendidikan anak usia dini yang sudah 43 tahun mengabdi mencetak genarasi  penerus bangsa yang cerdas dan religius, sangat memahami pentingnya menjaga dan membuat kegiatan yang dapat menstimulus dan memperkuat kepositifan akal  peserta didik nya. Salah satu program yang dibuat nya adalah program guru tamu.

INFORMASI PENDAFTARAN PPDB 2019/2020

Guru tamu adalah sebuah program guna menghadirkan dan memperkuat kepositifan akal peserta didik yang dilakukan oleh orang tua sebagai tamu istimewa bersama guru didalam kelas.

Alhamdulillah, pekan ini adalah pekan ke 16 program tersebut terlaksana. Berikut tamu istimewa pada pekan ini :

KB :  Tamu istimewa Kelompok Bermain pada pekan ini adalah Ibu Nina Namira. Orang tua dari Anargha Eruditya Pradhana tersebut mengajak Kelompok Bermain Amanah berani berkreasi membuat bekal makanan sehat, yaitu roti sandwich dan susu. Alhamdulillah, KB yang masih imut – imut sangat bersemangat berkreasi bersama membuat makanan sehat, tanpa ragu dan takut gagal.

Ibu Nina Namira Bersama KB Amanah

TK A2. : Tamu istimewa TK A2 pada pekan ini adalah Mamah nya Ozil. Mamah yang bernama Elviandani R.D, ini menanamkan nilai – nilai kepositifan kepada Ozil dan teman – teman nya melalui bercerita tentang “Hari Olahraga”. Sebuah cerita yang membuat TK A2 menjadi bertambah positif tentang olah raga dan merindukan olah raga.

Mamah Ozil Bersama TK A2

TK  B1  :  Tamu istimewa TK B1 pada pekan ini adalah Mamah nya Danendra. Mamah yang bernama Dewi Wulandari ini mengajak Danendra dan teman – teman nya untuk berani berkreasi membuat pesawat  berbahan botol aqua, kertas karton dan kertas warna. Alhamdulillah, Danendra dan teman – teman nya sangat bersemangat membuat nya, tanpa keraguan atau  pun takut gagal.

Mamah Danendra Bersama TK B1

TK  B2  : Tamu istimewa TK  B2 pada pekan ini adalah Bunda nya Faeza Gani. Bunda, sapaan sayang Faeyza Gani, yang bernama Ric Nurmala ini mengajak Faeyza Gani dan teman – teman nya berani berkreasi membuat mobil – mobilan berbahan kertas warna dan kertas karton. Alhamdulillah, TK B2 sangat bersemangat membuat nya, tanpa ragu atau pun takut gagal.

Mamah Faeyza Gani Bersama TK B2

TK  B3  : Tamu istimewa TK B3 pada pekan ini adalah Mamah nya Ano. Mamah yang bernama Nur Ajeng Riskie ini mengajak Ano dan teman – teman nya berani berkreasi membuat makanan Puding. Alhamdulillah, Ano dan teman – teman nya sangat bersemangat membuat puding, tanpa ragu dan enak hasil nya.

Mamah Ano Bersama TK B3

Terimakasih Mamah, Bunda yang telah meluangkan waktu nya untuk hadir menjadi tamu istimewa Ananda dan teman – teman nya di dalam kelas pada pekan ini. Insya Alloh apa yang Ananda dan teman – teman nya terima, akan menambah dan memperkuat kepositifan diri mereka.

Silakan diklik Untuk Membaca Info Guru Tamu Sebelum nya :

Pekan Pertama 

Pekan Kedua 

Pekan Ketiga

Pekan Keempat

Pekan Kelima

Pekan Keenam

Pekan Ketujuh

Pekan Ketujuh KB 

Pekan Kedelapan

Pekan Kesembilan

Pekan Kesepuluh

Pekan Kesebelas

Pekan Keduabelas

Pekan Ketigabelas

Pekan Keempat Belas

Pekan Kelima Belas

11 Comments

  1. Howdy just wanted to give you a quick heads up.
    The words in your post seem to be running off the screen in Ie.
    I’m not sure if this is a format issue or something to do with web browser compatibility but I figured
    I’d post to let you know. The design look great though!

    Hope you get the problem resolved soon. Thanks Saved
    as a favorite, I love your blog! I love it whenever people get together
    and share thoughts. Great website, continue the good work!
    http://www.cspan.net/

  2. I absolutely love your site.. Pleasant colors &
    theme. Did you build this amazing site yourself? Please reply
    back as I’m trying to create my own personal blog and would like to find out
    where you got this from or exactly what the theme is
    named. Appreciate it!

  3. Its like you read my mind! You appear to know a lot about this, like you
    wrote the book in it or something. I think that you could do
    with a few pics to drive the message home a bit, but instead of that,
    this is magnificent blog. An excellent read.
    I will certainly be back.

  4. Nice post. I was checking continuously this blog and I am impressed!
    Very helpful information specially the last part 🙂 I care for such information much.
    I was seeking this particular info for a long time. Thank you and good luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *